Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Ditangkap Polres Tulangbawang

TULANGBAWANG, PENGARUDA.COM – Satresnarkoba Polres Tulangbawang, Polda Lampung berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Dua pelaku yang berhasil dibekuk polisi itu berinisial YA (29) warga Kelurahan Ujung Gunung, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

Pelaku lainnya berinisial BE (18) warga Kelurahan Menggala Tengah, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

“Dua pelaku itu kami tangkap pada Selasa, 5 Desember 2023 sekitar pukul 16.00 WIB,” ujar Kasatres Narkoba Polres Tulangbawang, AKP Indik Rusmono, Sabtu (9/12/2023).

Indik menyebutkan, jika kedua pelaku yang berhasil ditangkapnya itu sedang bertransaksi narkotika jenis sabu di Kelurahan Ujung Gunung.

Dijelaskan Indik, penangkapan terhadap dua pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu itu dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh petugasnya di wilayah Kecamatan Menggala.

Informasi yang didapat, sedang berlangsung transaksi narkotika di Kelurahan Ujung Gunung.

“Jadi ketika petugas kami tiba di lokasi, di sana sedang ada dua orang pria dengan gerak-gerik yang mencurigakan,” jelasnya.

Maka dari itu, ungkapnya anggota kepolisian langsung mencoba menggeledah terduga pelaku di sekujur tubuhnya.

Hingga ditemukan barang bukti berupa narkotika jenis sabu yang disimpan di dalam kotak rokok merek JF Mild warna hijau toska.

“Dari hasil penangkapan itu petugas kami juga menyita barang bukti berupa dua bungkus plastik klip berisi narkotika jenis sabu dengan berat bruto 0,17 gram,” kata dia.

“Kemudian plastik klip kosong, gulungan kertas timah rokok, dan kotak rokok merek JF Mild warna hijau toska,” sambungnya.

Ditambahkan Indik para pelaku itu saat ini masih sedang dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolres Tulangbawang.

Serta akan dikenakan sanksi pidana Pasal 114 ayat 1 Jo Pasal 132 ayat 1 Sub Pasal 112 ayat 1 Jo Pasal 132 ayat 1 Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Dipidana dengan pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 Miliar dan paling banyak Rp 10 Miliar,” pungkasnya.

(*)

Terpopuler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *