Ady Erlansyah Launching Program Perlindungan Jamsos Tenaga Kerja Untuk Pekerja Rentan di Pringsewu

PRINGSEWU, PENAGARUDA.COM – Penjabat Bupati Pringsewu Ady Erlansyah melaunching program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan (pejuang nafkah) di Hotel Urban Pringsewu, Kamis (14/12/2023).

Acara yang digelar BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Pringsewu ini turut dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Pringsewu Drs. Masykur, M.M., Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung Sulistijo Nisita Wirjawan, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pringsewu Ahmad Nizam.

Hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kab Pringsewu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kab Pringsewu, Seluruh Kepala OPD Se Kab. Pringsewu, Camat Se Kab. Pringsewu, dan 100 perwakilan penerima bantuan perlidungan jaminan sosial ketenagakerjaan pekerja rentan.

Adapun tujuan launching Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini yakni untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Pringsewu khususnya pekerja rentan terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sekaligus sosialisasi program JKK dan JKM yang diberikan kepada 3.615 pekerja rentan kabupaten Pringsewu, dan 2.400 Rukun Tetangga, dan Badan Pemusyawaratan Desa oleh Pemkab Pringsewu pada tahun 2023.

Ady Erlansyah menuturkan, masih banyak pejuang nafkah di Kota Pringsewu yang perlu diperhatikan dari sisi asuransinya.

Sebab, menurut dia, mereka tidak ada mempunyai perlindungan sosial ekonomi terhadap pekerjaan mereka seperti buruh, pedagang, dan UKM.

Yang mana pendapatan dari pekerjaan yang mereka lakukan setiap hari tidak menentu hasilnya.

Ady pun mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan kerja terhadap pekerja rentan yang ada di kabupaten Pringsewu.

“Dengan cara memberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada pejuang nafkah yang membutuhkan,” ujar Ady Erlansyah.

Dia berharap dengan adanya kartu BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada pejuang nafkah tersebut akan memberikan perlindungan sosial ekonomi buat mereka dan keluarga apabila terjadi kecelakaan kerja terhadap mereka.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung Sulistijo Nisita Wirjawan menjelaskan bahwa dengan adanya kerjasama ini perlindungan sosial ketenagakerjaan akan terwujud di kabupaten Pringsewu.

Sulistijo juga memastikan, BPJS Ketenagakerjaan juga akan berikan beasiswa pendidikan bagi anak pekerja yang meninggal dunia.

“Mudah-mudahan dengan adanya launching Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan (Pejuang Nafkah) ini, diharapkan setiap orang dengan profesi pekerjaan apapun bisa mengerti makna penting dari perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” pungkasnya.

Dia mengingatkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan tidak sama dengan BPJS Kesehatan.

Sebab selama ini banyak masyarakat yang berasumsi bahwa kedua BPJS ini sama.

Sehingga apabila mereka terkena dampak kecelakaan dalam bekerja mereka tidak bisa mengklaim asuransi kecelakaan di BPJS Kesehatan.

“Karena asuransi kecelakaan kerja tersebut hanya bisa diklaim di BPJS Ketenagakerjaan itupun jika mereka sudah mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan,” tandas Sulistijo.

(*)

Terpopuler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *