Peringati HUT ke-21 Desa Mekar Mulya, Bupati Nanang Ermanto: Siapkan Desa Mandiri Untuk Pertumbuhan Ekonomi Desa

KALIANDA, PENAGARUDA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-21, Pemerintah Desa Mekar Mulya menggelar acara silaturahmi dan doa bersama, pada Kamis (28/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, didampingi oleh Sekretaris Daerah dan Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Acara yang digelar di halaman kantor desa setempat, dimeriahkan juga oleh masyarakat desa yang berbondong-bondong hadir menyambut kedatangan Bupati Lampung Selatan.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kepala Desa Mekar Mulya, Cahyanto, desa yang ia pimpin saat ini tumbuh melalui proses yang begitu panjang setelah mengalami pemekaran dari Desa Bandan Hurip, pada 27 Desember 2002 lalu.

“Menginjak usia yang ke-21 tahun ini, Mekar Mulya tumbuh menjadi desa yang memiliki banyak potensi dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa,” terang Cahyanto dalam sambutannya.

Tidak hanya itu, Cahyanto juga menjelaskan, jika potensi pendapatan yang dimiliki oleh Desa Mekar Mulya, dapat dilihat dari tersebarnya lahan pertanian yang mencapai 600 hektar, perkebunan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan juga budidaya ikan.

Melihat potensi yang dimiliki Desa Mekar Mulya, Bupati Nanang menyampaikan harapannya kepada masyarakat Desa Mekar Mulya untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, guna menjadikan Mekar Mulya menjadi desa mandiri dalam pertumbuhan ekonomi.

Bupati Nanang juga menyampaikan, jika saat ini Pemerintah Daerah Lampung Selatan terus berkreasi sebagai bentuk usaha guna membangun desa mandiri.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus berusaha dalam berkreasi untuk meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat dengan melihat potensi yang dimiliki dari desa-desa, untuk melahirkan desa yang mandiri. Baik mandiri dalam segi pendapatan desa, dan juga koordinasi pemerintah desa,” ujar Nanang Ermanto.

Di akhir sambutannya, Nanang Ermanto berpesan kepada Pemerintah Desa Mekar Mulya agar mendorong anak mudanya untuk menjadi petani milenial, bekerja sama dengan penyuluh pertanian, dan memberikan pelatihan bagi pemuda-pemuda di desa setempat, sebagai usaha membangun desa mandiri dan tangguh dalam segi perekonomian.

(*)

Terpopuler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *