Pencuri Uang Infak Musala Al Fattah di Jati Agung Lampung Selatan Akhirnya Ditangkap

LAMPUNG SELATAN, PENAGARUDA.COM – Seorang pencuri uang infak kotak amal di musala Al Fattah, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan diamankan Polsek Jati Agung.

Pelaku berinisial ADR (33) warga Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Tindak pencurian kotak amal musala Al Fattah, di Jalan RA Basyid, Gang Gemilang II, Desa Fajarbaru II B, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan tersebut sudah berulang kali.

Kepala Polsek Jati Agung Iptu Olivia Jeniar Chaniagung mengatakan, pelaku akhirnya ditangkap polisi setelah beberapa kali mengambil uang infak sedekah dari musala Al Fattah.

“Akhirnya kami tangkap pada Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 09.00 WIB di Desa Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan,” kata Olivia.

Pelaku curat ini mengambil uang infak tersebut dengan cara pelaku datang sendirian ke musala.

Dia datang mengendarai Suzuki Shogun 125 berpelat BE 2381 DG dan pelaku masuk ke dalam musala tersebut.

“Pelaku ini tahu kalau kunci musala di bawah keset, dan kunci tersebut diambilnya. Dengan kunci tersebut pelaku masuk melalui pintu yang dibukanya dengan leluasanya,” kata Olivia.

Setibanya di dalam musala, lalu pelaku langsung merusak gembok pada kotak amal dengan menggunakan obeng.

Kemudian setelah berhasil merusak gembok, lalu pelaku langsung mengambil uang yang ada di dalam kotak amal tersebut.

“Pada saat pelaku mencuri uang yang berada didalam kotak amal itu, pelaku kepergok oleh warga setempat yang datang ke musala,” kata Olivia.

Pelaku akhirnya langsung diamankan oleh warga setempat berikut barang bukti uang yang sudah diambil dari kotak amal senilai Rp 22 ribu.

Kemudian pamong desa setempat menghubungi pihak kepolisian dan pelaku berikut barang bukti langsung dibawa ke Mapolsek Jati Agung.

“Kami menerima laporan Polisi adanya kehilangan uang infak di dalam kotak amal musala Al Fattah dengan Nomor : LP/B/108/ XII/2023/SPKT/Sek Jati Agung/Polres Lampung Selatan/Polda Lampung, tanggal 31 Desember 2023.

Polisi menyita barang bukti satu obeng, satu kotak amal, motor Suzuki Shogun 125 berpelat BE 2381 DG.

Uang tunai dari pelaku sebesar Rp 22 ribu dan polisi juga telah melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara).

Polisi juga melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Pelaku dipersangkakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman penjara tujuh tahun.

Sebelumnya, pelaku sebelumnya melancarkan aksi mencuri uang infak di musala Al Fattah di Jalan RA Basyid, Gang Gemilang II, Desa Fajarbaru II B, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, sebelum mencuri sempat mengambil air wudhu.

Pelaku sengaja mengelabui jamaah yang sedang salat Ashar, Senin (18/12/2023) pukul 15.23 WIB.

Irwan (34) pengurus musala Al Fattah mengatakan, pelaku sebelum mengambil uang di dalam kotak amal sempat mengambil air wudhu dulu.

Pelaku dari rekaman CCTV datang kembali ke musala setelah jamaah selesai menjalankan salat Ashar.

“Jadi pelaku ini kemarin mengambil uang Rp 500 ribu di dalam kotak amal dengan merusak gembok kotak amal,” kata Irwan, pengurus masjid Al Fattah saat diwawancarai Tribun Lampung, Selasa (19/12/2023).

(*)

Terpopuler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *